Jumat, 03 Desember 2010

Multimedia

MULTIMEDIA


I.         Sejarah Multimedia

Ø  Sistem multimedia dimulai pada akhir 1980-an dengan diperkenalkannya Hypercard oleh Apple pada tahun 1987 dan pengumuman oleh IBM pada tahun 1989 mengenai perangkat lunak audio visual connection(AVC) dan video adhapter card ps/2.
Ø  Pada tahun 1994 diperkerkirakan ada lebih dari 700 produk dan system
multimedia dipasaran.
Ø  Sistem multimedia bersifat interaktif, memungkinkan pemakai memilih output dengan mouse atau kemampuan layar sentuh untuk mendapatkan dan menjalankan aplikasi tersebut.

II.               Pengertian multimedia
Ø  Multimedia berasal dari ‘multi yang berarti banyak, dan media’ yang  berarti tempat, sarana atau alat yang digunakan untuk menyimpan informasi. Jad ‘multimedia’ dapat diasumsikan sebagai wadah atau penyatuan beberapa media yang didefinisikan sebagai elemen-elemen pembentukan multimedia.
Ø  Multimedia merupakan suatu konsep dan teknologi baru bidang teknologi informasi, dimana informasi dalam bentuk teks, gambar, suara, animasi, dan video disatukan dalam komputer untuk disimpan, diproses, dan disajikan baik secara linier maupun interaktif.
Ø  Multimedia interaktif adalah bila suatu aplikasi terdapat seluruh elemen multimedia yang ada dan pemakai (user) diberi kebebasan / kemampuan untuk mengontrol dan menghidupkan elemen-elemen tersebut.
Ø Multimedia adalah Suatu sistem yang terdiri dari perangkat keras, perangkat lunak dan alat – alat lain seperti televisi, monitor, video dan sistem piringan optik atau sistem stereo yang dimaksudkan untuk menghasilkan penyajian audio visual yang utuh.
Ø  Beberapa arti dari  multimedia adalah  sebagai berikut :
1.      (Mc Cormick,1996), Multimedia secara umum merupakan kombinasi 3 element yaitu suara, gambar dan teks
2.      (Turban dkk, 2002), Multimedia adalah kombinasi dari paling sedikit 2 media input atau output dari data, media ini berupa: audio, animasi, video, teks, grafik, dan gambar.
3.      (Robin dan Linda, 2001), Multimedia merupakan alat yang dapat menciptakan prestasi yang dinamis dan intraktif yang mengkombinasikan teks grafik, animasi, audio dan gambar video
4.      (Hofstetter, 2001), Multimedia adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak (video dan animasi) dengan menggabungkan link dan tool yang memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berintraksi, berkreasi dan berkomunikasi.



III.               Komponen Multimedia



Ø  Keterangan :

a.      Teks
§ Teks adalah bentuk data multimedia yang paling mudah disimpan dan dikendalikan. Teks dapat membentuk kata, surat atau narasi dalam multimedia yang menyajikan bahasa.
§ Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah penggunaan hypertext, auto-hypertext, text style, import text dan export text.

b.     Image
§ Image adalah multimedia yang menarik perhatian dan dapat mengurangi kebosanan dibandingkan dengan teks. Gambar dapat meringkas data yang kompleks dengan cara yang baru dan lebih berguna.
§ Gambar juga dapat berfungsi sebagai ikon, yang bila dipadukan dengan teks, merupakan opsi yang bisa dipilih.
§ Semua objek yang disajikan dalam bentuk grafik adalah bentuk setelah encoding dan tidak mempunyai hubungan langsung dengan waktu.

c.      Audio
§  Bunyi dapat ditambahkan dalam multimedia melalui suara, musik dan efek-efek suara.
§  Suara dapat menjelaskan karakteristik suatu gambar, misalnya musik dan suara efek (sound effect), maupun suara asli (real sound).
§  Authoring software yang digunakan harus mempunyai kemampuan untuk mengontrol recording dan playback.

d.     Video
§  Video menyediakan sumber daya yang kaya dan hidup bagi aplikasi multimedia.
§  Terdiri dari full-motion dan life-video. Full-motion video berhubungan dengan penyimpanan sebagai video clip, sedangkan live-video merupakan hasil pemrosesan yang diperoleh dari kamera.

e.      Animasi
§  Animasi merupakan gerakan image atau video seperti gerakan orang yang sedang melakukan sutau kegiatan. Animasi seperti halnya film, dapat berupa frame-based atau cast-based.
§  Frame-based animation (animasi berbasis frame) dibuat dengan merancang setiap frame tersendiri sehingga mendapatkan tampilan akhir.
§  Bentuk umum animasi yang digunakan dalam game dan object-oriented software untuk lingkungan Window.


IV.               Elemen-elemen Multimedia

  1. Objek-objek
·         Media Diskrit : elemen tunggal
§  Icon : gambar semantik (seperti simbol STOP). Pemakai harus terlebih dahulu mempunyai pengetahuan mengenai icon.
§  Grafik : menjadi tujuan.
§  Citra : yang dihasilkan dari komputer, bisa berupa grafik 2D/3D tergantung sumbernya (seperti foto).
§  Teks : ukuran, tipe huruf, warna.
·         Media Kontinu : elemen tunggal yang disusun berdasarkan waktu
§  Gambar bergerak (audio + video).

  1. Layout Spasial
·         Absolut
§  Koordinat relatif dengan aslinya / umumnya (pojok kiri atas), ex : aplikasi Windows.
·         Relasi berarah
§  Menentukan susunan dalam ruang, ex : peta subway (petunjuk arah).
·         Relasi topologi
§  Posisi elemen terhadap elemen lain, ex : contains, inside of, equals, cover, overlap, disjoint, covered by.
·         Alur teks
§  Alur berdimensi satu, ditunjukkan dengan area berdimensi dua.

  1. Dimensi Temporer
·         Model temporer :
§  Terbatas : mis. 6 detik.
§  Tidak terbatas : mis. pemakai mengklik button.
§  Relasi paralel dan sekuensial, mis. 2 video dimulai bersamaan atau 1 video dimulai setelah yang pertama selesai.
·         Animasi
§  Gabungan dimensi temporer dan layout spasial (posisi suatu objek berubah sesuai dengan waktunya).

  1. Interaksi Pemakai
·         Level Interaksi Pemakai :
§  Pasif : hanya visualisasi.
§  Reaktif : interaksi terbatas, ex : fs. Scroll panel.
§  Proaktif : memilih jalur atau penyeleksian, ex : button.
§  Reciprocal : berhubungan dengan informasi pembuatan pada pemakai.
·         Model Interaksi :
·         Navigasi : memilih jalur yang diinginkan.
·         Perancangan : pemakai memodifikasi gaya visual dari presentasi, ex : warna, volume audio.
·         Bioskop : pemakai dapat mengontrol waktu keseluruhan (pada VCR, ex : play, stop).
  1. Logika Aplikasi
·         Presentasi multimedia tradisional, tidak perlu logika :
§  Kunjungan virtual ke museum, menu DVD.
·         Sistem interaktif real-time :
§  Dunia virtual reality, permainan.
·         Logika aplikasi membutuhkan bahasa pemrograman (if case, goto ...)
§  Bahasa terkompilasi : C, C++.
§  Virtual machine : Java.
§  World Wide Web, MPEG-4, Director : scripting.


V.               Software Multimedia

1.     Viewing
§  Untuk melihat hasil pemgolahan multimedia (Winamp, power DVD)
2.      Capturing  
§  Untuk mendapatkan hasil rekaman yang didapat melalui device multimedia. (software scanner, capture, camera digital)
3.     Editing            
§  Untuk mengolah bahan multimedia menjadi senuah sajian (adobe)
4.     Authoring
Software Multimedia untuk keperluan interaktif (director, flash)

VI.               Perkembangan Multimedia

1.      Perkembangan multimedia di area Bisnis
ü  Menggunakan voice mail dan video conferencing pada jaringan LAN dan WAN.
ü  Pada presentasi ditambahkan audio dan klip video.
ü  Pada training : melalui simulasi, seorang mekanik belajar perbaiki mesin, mengetahui pembuatan baja.
ü  Pada database : penangkapan gambar oleh kamera video dapat dibuat ID pegawai dan database.
ü  Termasuk juga : pemasaran, periklanan, demo produk, dll.

2.      Perkembangan multimedia di area Pendidikan
ü  Multimedia pendidikan mengenai ilmu alam / sosial pada laserdisk.
ü  Multimedia belajar membaca pada anak-anak 3-8 tahun (berhitung, bahasa Inggris).
ü  Multimedia pada kedokteran mengenai anatomi tubuh manusia dan mendiagnosa penyakit mata, dll.

3.      Perkembangan multimedia diarea Rumah Tangga
ü  Permainan sega / atari dimana mesinnya dapat dihubungkan ke TV.
ü  Kumpulan resep masakan untuk ibu-ibu.
ü  Foto-foto keluarga dan aktifitas yang dilakukan keluarga direkam pada CD.


4.      Perkembangan multimedia di Tempat Umum
ü  Kios / terminal stand-alone yang dapat memberi informasi, contoh : kios di hotel menyediakan daftar restoran, peta kota, jadwal pesawat, dll.
ü  Kios di museum untuk memandu pengunjung dalam suatu pameran, informasi detail mengenai setiap pameran.

5.      Perkembangan multimedia pada area Virtual Reality
ü  Presentasi suatu proyek tata kota yang dilaksanakan misalkan, dapat dilakukan dengan pembuatan model sehingga seolah-olah orang menelusuri jalan, bangunan, taman, dll.
ü  Digunakan juga pada aplikasi pariwisata, pelestarian budaya dan sejarah. Misalkan, suatu bangunan yang sudah hancur / tak ada, museum dan yang lain dapat dibuat dengan pemodelan 3D berdasarkan dokumentasi sejarah dari perpustakaan.


6.      Perkembangan multimedia pada area Teknologi Internet
ü  Berbagai macam aplikasi multimedia dalam internet yang biasa disebut MoIP (Multimedia over Internet Protocol) seperti chatting, e-learning, videoconference, game, dll.
ü  Bila aplikasi di internet menggunakan database, diperlukan script yang dapat mengakses database di server seperti ASP (Active Server Pages), CGI/Perl, PHP dan JSP (Java Server Pages)



Perkembangan Multimedia Yang Terbaru

F Perkembangan Multimedia mengikuti perkembangan Internet, maka Multimedia merupakan pasar yang pertumbuhannya tercepat di dunia saat ini.
F Pada saat ini, Internet menghubungkan ratusan ribu jaringan berbeda dari lebih dari 200 negara di seluruh dunia. Lebih dari 400 juta orang bekerja dalam bidang pengetahuan, pendidikan, pemerintahan, dan bisnis menggunakan Internet untuk bertukar informasi atau membuat transaksi bisnis dengan organisasi seluruh dunia.
F Pada akhir Abad 20 hampir dua-pertiga rumah tangga di Amerika telah memiliki komputer. Sekarang hampir separuh rumah tangga sudah akan terhubung Internet, sedangkan di Indonesia baru sekitar 4 juta orang.
F Pada tahun 2003 juga diperkirakan aplikasi Multimedia, termasuk virtual reality dan sistem manajemen dokumen akan meningkat secara nyata (Turban dkk, 2002).
F Internet dan berbagai jasa yang berkaitan dengannya adalah perlengkapan yang mengubah secara mendasar struktur dan jasa satelit komunikasi. Terdapat empat kunci pengembangan dalam internet yang mempengaruhi industri satelit komunikasi.
F Internet nampaknya akan mampu menyediakan pelayanan jasa video-on-demand pada skala besar dalam kurun waktu 5 sampai 10 tahun.
F Perkembangan Teknologi Multimedia dan Implementasinya, multimedia terdiri atas (1) unsur suara, (2) unsur gambar atau video, (3) unsur teks/data, (4) terpadu dalam satu media penyampaian, (5) Interaktif/bukan informasi satu arah. Jenis jasa multimedia terdiri dari dua, yaitu berdiri sendiri (stand alone/off line), dan terhubung dengan jaringan telekomunikasi (network-online).

F Macam Teknologi Multimedia Terbaru :

1.      Samsung U600

Terbaru menawarkan pengalaman mobile yang sebenarnya. Katering untuk semua kebutuhan multimedia. Untuk menikmati  fotografi digital yang luar biasa dan fitur musik. 3. 2 mega pixel camera dengan digital zoom, auto focus dan lampu kilat built-in memungkinkan Anda ambil berkualitas tinggi gambar diam dan video.

2.       Samsung E900

Slide yang halus membuka mekanisme, menarik sensitif sentuhan tombol, besar layar warna 262k, dan antarmuka pengguna yang intuitif.  80MB memori internal dapat diperpanjang lebih lanjut dengan menggunakan kartu memori. Kamera berkualitas tinggi dan sangat baik fitur video menawarkan kejelasan yang dikehendaki. Transfer data dengan EDGE mudah. Fitur luar biasa lainnya seperti email, MMS, dan document viewer membuat handset perangkat mobile yang sempurna.
3.      Samsung D900

Ponsel slider tipis dengan fitur inovatif. Fitur seperti GPRS dan EDGE memastikan bahwa hassle free transfer data berkecepatan tinggi. 3 megapiksel kamera digital dengan auto focus mengambil gambar yang mengesankan. Menavigasi semua fitur yang mudah dengan sederhana dan user friendly interface. Kuat ini alat bisnis dan pribadi berhasil memeras begitu banyak fitur ke handset kompak.

4.       G-Pen M 609

Produk terbarunya di segmen paper multimedia. Produk ini dilengkapi dengan keunggulan teknologi khas Genius. Tablet terbaru dari Genius ini dilengkapi dengan fasilitas, resolusi 4000 LPI dan ukuran compact 9 x 5.5.Produsen Genius telah merancang paper ini sedemikian rupa untuk mampu bekerja pada Windows Vista dan Windows 7.Dengan harga-nya yang kompetitif, produk ini sangat terjangkau. Harga paper Genius Pen M 609 dijual mulai dari 130 dollar AS.
5.       Laptop IdeaPad seri Y460
Lenovo IdeaPad Y460  adalah laptop 14-inci dengan berbagai fitur multimedia unggulan. Layar lebar berasio 16:9 mampu memancarkan gambar definisi tinggi.
Ø  Untuk suara dilengkapi dengan speaker besutan JBL dan Dolby Home Theater surround sound yang memberikan jaminan pengalaman audio yang berkesan saat menikmati musik dan film. Keunggulan lainnya adalah prosesor Intel Core i5 dan i7 dengan teknologi Intel Turbo Boost, teknologi Enhanced Experience RapidDrive baru, bagi platform Windows 7 dan unit pemroses grafis ATI Radeon HD5470 512MB atau ATI Radeon HD5730 1GB untuk IdeaPad Y560.
Ø  Lenovo IdeaPad Y460 tersedia dengan ukuran memori DDR3 seluas 8 GB dan kapasitas penyimpanan HDD sebesar 640 GB.
6.      Laptop IdeaPad Z360

Menawarkan layar 13.3 inch. Semua notebook ini menawarkan resolusi HD 1366×768px dan format layar lebar 16:9.  Notebook-notebook ini menawarkan pilihan drive Blu-ray dan tombol Dolby Advanced Audio dan OneKey Theater II untuk setting audio visual spesial. Tak ketinggalan fitur Bluetooth, USB 20, Wifi, 5-in-1 card reader dan webcam.

7.     The Easypen i405


The i405 adalah tablet kecil untuk ukuran sedang, dengan luas aktif 5.5 "x 4". Unit ini menawarkan tingkat sensitivitas 1024 tekanan, dan trek pada 2540 baris per inci. Gerakan pena dilaporkan 100 poin per detik, membuatnya menjadi unit sopan responsif.

8.      Driver Tablet Pengaturan Utility
Salah satu fitur dari tablet yang bisa membuktikan akan membantu adalah 28 poin panas yang berbeda (atau "Hot Cells" seperti yang disebut dalam perangkat lunak) sepanjang tepi area gambar. Masing-masing menjadi hot key yang unik, dan dapat mengaktifkan atau menonaktifkan masing-masing bank (empat total - atas, bawah, kiri, kanan) seperti yang diinginkan.

9.     INTERNET

Sebuah jaringan Global dari jaringan computer yang menghubungkan sumberdaya-sumberdaya bisnis, pemerintah dan institusi pendidikan menggunakan  protocol TCP/IP ( Transmission Control Protokol/ Internet Protokol)
F Aplikasi-aplikasi multimedia internet dikategorikan 3 kategori yaitu Pencarian, Komunikasi dan Kolaborasi sbb:

1.   Pencarian meliputi “browsing” yaitu pemakai mempunyai kemampuan untuk melihat dokumen dan men-download apa saja yang mereka butuhkan.
2.   Pada kategori Komunikasi dimana internet menyediakan saluran komunikasi relative murahdan cepat yang menjangkau pesan yang ditayangkan pada papan bulletin, sampai pertukaran informasi kompleks di antara organisasi satu dengan organisasi lainnya.
3.   Aplikasi Kolaborasi dapat digunakan dalam konferensi jarak jauh dan layer bersama pada system yang mendukung group. Contohnya pada tool kolaborasi yang disebut “groupware” dapat digunakan pada internet dan jaringan lainnya.

F Fasilitas yang tersedia di internet pada dasarnya terdiri dari layanan e-mail ,bulletin board service (network news), file transfer (ftp), Remote login (telnet), information browsing (Gopher), advanced browsing (WWW), outomated title search (Archie, Veronica), outo,ated Contents search (WAIS), komunikasi audio, video sampai teleconferencing.

  Beberapa contoh pemakain fasilitasnya:

1. e-mail melalui jaringan elektronik dan pesan dikemas dalam sinyal-sinyal elektronik , sehingga e-mail lebih cepat sampai ke tujuan serta dapat mentransfer dan menerima salinan file dan dokumen. Secara umum bentuk pesan yang dari e-mail terdiri dari 2 bagian. Yaitu header dan body, dimana header terdiri dari:
-    From : alamat pengirim e-mail
-    To : Alamat tujuan e-mail
-    Subject: perihal berita yang dikirim
    
    Body terdiri dari isi berita: pesan yang hendak disampaikan.

2. FTP, File transfer protocol, diguanakan untuk menstransfer satu salinan file dari sebuah disk disebuah computer ke computer lain melalui internet.
 3. WAIS. (Wide Area Information Service) yaitu layanan pencarian otomatis yang meniliti isi dokumen, ini dapat mencari satu set dokumen yang berisi latihan atau frasa yang kita isikan , WAIS juga memungkinkan pemakai untuk mengidentifikasi dokumen contoh dan menggunakannya untuk menemukan dokumen tambahan yang sejenis.


http://omjun.com/teknologi/laptop-multimedia-terbaru-dari-lenovo.htm
http://www.johns-company.com/index.php?lang=id&cat=59&month=2010-01&id=32542
pertama.site88.net/file/Teoriawalmultimedia.doc
kostanprotonema.site88.net/Materi/MULTIMEDIA.doc 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar